Friday, September 2, 2016

RESEP BAKPIA BASAH / BAKPIA TEFLON



Bismillahirrahmanirrahim..

Assalamualaikum.. Postingan resep pertama aku mau share resep yang udah sering banget berseliweran di dunia per-ig-an hehehe… Bakpia Basah/BakpiaTeflon/Roti Bakpia..

Pertama liat resep ini aku langsung penasaran buat eksekusi, bahan-bahannya mudah didapat karna sering kita pake sehari-hari dan cara buatnya juga simple banget..

Awalnya memang isi dari bakpia ini adalah kacang ijo, tapi sekarang sudah banyak varian isiannya mulai dari coklat atau meises, keju, kacang tanah, bahkan ada juga yang membuat dengan isi gula merah. 

Aku sendiri pernah buat dengan dua varian isi yang berbeda, pertama aku pake meises karna biar gampang dan simple, kedua aku pake isian kacang ijo. Resep ini aku dapet dari ig @doyanbaking, ijin share ya.


Resep:

250gr Tepung Terigu
50gr Gula Pasir
50gr Mentega/Margarin
5gr Ragi instant (kurleb 1sdt)
120ml Air Hangat
Sejumput Garam


Isian :

Meises / Kacang ijo / Keju dll (sesuai selera)



Cara Buat :

  • Tuang terigu kedalam wadah,buat dua lubang,yang satu untuk gula pasir dan satu lagi ragi instant. Aduk campuran terigu sambil dituangi air hangat sedikit demi sedikit. 
  • Campurkan margarin dan garam kedalam adonan,lalu uleni kembali sampai kalis elastis. (Kalo aku kurang lebih sekitar 15-20 menit nguleninya). 
  • Setelah adonan kalis elastis (tandanya adonan sudah tidak lengket ditangan, tekstur adonan lembut, dan apabila ditarik tidak mudah putus) bulatkan adonan lalu letakan didalam wadah yang sudah diolesi sedikit minyak, tutup wadah dengan kain basah/plastik wrap. Diamkan selama kurang lebih satu jam. 
  • Setelah didiamkan dan adonan mengembang dua kali lipat, kempiskan adonan, bagi adonan sama rata menjadi 15-18 bagian. Isi dengan bahan isian lalu bulatkan kembali. Lakukan sampai habis. 
  • Panggang di atas teflon dengan api kecil sampai kecoklatan di kedua sisi nya. Angkat lalu sajikan. 



Cara membuat isian kacang ijo :


Rendam kacang hijau minimal satu jam, lalu rebus kacang hijau dan gula pasir sampai kacang hijau lunak dan air menyusut. Setelah agak dingin, masukkan kedalam kulkas minimal tiga jam setelah agak keras, bentuk bulat sesuai selera dan siap digunakan.



Adonan yang sudah kalis elastis,siap untuk didiamkan 



Adonan yang sudah mengembang lalu dibagi menjadi beberapa bagian



Bahan isian kacang hijau



Panggang bakpia diatas teflon dengan api kecil sampai kecoklatan




EmoticonEmoticon